Home > Knowledge Management Tools, Web-GIS > Sistem Informasi Monitoring Pelaksanaan Kegiatan Program (SIMPEK)

Sistem Informasi Monitoring Pelaksanaan Kegiatan Program (SIMPEK)

Pada era informasi ini kegiatan pelaksanaan program suatu organisasi  tidak terlepas dari peran Teknologi Informasi (TI). TI merupakan sarana andalan guna meningkatkan peran monitoring, membantu organisasi dalam mewujudkan efisiensi proses back office, meningkatkan kualitas mulai kegiatan administrasi, proses-proses external dan internal, membantu mengambil keputusan, merencanakan ke depan bagi keberlangsungan kegiatan dan apa yang menjadi sasaran kegiata, karena terpantaunya kegiatan melalui sistem informasi.

Upaya untuk mendukung pemantapan administrasi program dapat didukung  dengan pembangunan sistem informasi manajemen monitoring pelaksanaan project (SIMPEK). Optimalisasi peningkatan administrasi project yang meliputi fungsi-fungsi perencanaan,pengembangan, publikasi hingga report secara tertib,teratur, berdaya guna dan berhasil guna.


Sistem Informasi Monitoring Pelaksaan Kegiatan Program (SIMPEK) adalah sebuah sistem yang dibangun untuk memantau pelaksanaan kegiatan proyek, termasuk mengelola dokumen, foto, terkait pelaksanaan proyek dan di link dengan peta. Sistem ini dirancang mudah digunakan dan dapat dijalankan di jaringan area lokal. Sistem menggunakan server database untuk menyimpan seluruh dokumen operasional.  Semua modul yang terintegrasi pada satu titik operasi dan perangkat lunak sehingga dapat digunakan dalam lingkungan single user atau multi.

Dalam pembuatan aplikasi SIMPEK ditujukan untuk dapat diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet. Karena itu SIMPEK menggunakan teknologi web (seperti  Apache, PHP, dan Mysql, diperkaya dengan JavaScript, AJAX, Java, dll) dan bergantung pada browser  untuk menampilkan aplikasi.

Aplikasi Simpek merupakan aplikasi multi fungsi yang meliputi fungsi – fungsi sebagai berikut :


  1. Peta Interaktif lokasi – lokasi pelaksanaan Sub-task (activity) yang apabila diklik pada salah satu titik di peta akan terlihat daftar task dan sub task, beserta status pelaksanaannya, dan kalau salah satu daftar activity diklik akan langsung terlihat detail deskripsi activity. Peta animasi, SVG dan peta interaktif menggunakan teknologi AJAX dapat dibuat untuk membuat peta interaktif yang lumayan bagus.
  2. Modul-modul struktur pengelolaan dokumen dalam siklus proyek (Project Lifecycle) dengan tiga layer yang dapat dikustomisasi :
    • Modul Project (Objective), berisi deskripsi, list task (result), assignment personal in charge-nya, dan visualisasi grafis Gantt chart, attachment dokumen.
    • Modul Task (Result), berisi deskripsi, list Sub-task (Activity) assignment personal in charge-nya, dan visualisasi grafis Gantt chart, attachment dokumen.
    • Modul Sub-task (Activity), berisi deskripsi, dan attachment dokumen.
  3. Workplan, berisi rangkuman rencana semua project, task, sub-task, starting date, final date.
  4. Modul Media untuk mengelo asset proyek yang didokumentasikan dalam bentuk foto, video, newsletter, dst.
  5. Modul Aset, berbentuk fasilitas untuk mengelola data asset yang dimiliki oleh proyek.
  6. Modul Report, berisi daftar semua project, task, sub-task, starting date, final date, status pelaksanaan sudah mulai, masih berjalan, atau sudah selesai, persen progess pelaksanaan. Report langsung diexport dalam bentuk file spreadsheet Excell yang bisa diolah lagi, di print dan setersunya.
  7. Kalender, dapat digunakan untuk membuat rencana event secara visual, mentracking secara visual terhadap assignment, milestone.
  8. Search Engine, untuk mencari data yang ada dalam SIMPEK dengan menggunakan kata kunci.
  9. Administrator, untuk mengelola user dan previlagenya sebagai administrator atau hanya user yang tidak bisa melakukan administering project.
  10. Hasil dari pengolahan data SIMPEK dapat diexport dalam bentuk Ms.Exel  yang menampilkan hasil rekaman data project yang terdiri dari kota, objective, result, activity, start date, due date, completion persentase, status.
Selain kelebihan kelebihan diatas, SIMPEK sekaligus merupakan sistem penyimpan dokumen, sebagai bagian dari asset management, dan sebagai knowledge based jika sewwaktu waktu dokumen terkait proyek diperlukan. Dengan sistem ini best practice, lesson learned,d an berbagai dokumen penting dikelola dalam satu sistem beserta deskripsi dan foto pendukung.

Download GRATIS PDF dan 3 Video Kaya dari Properti TANPA MODAL

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.